Home » , » Laporan Fisika Farmasi Ukuran Partikel

Laporan Fisika Farmasi Ukuran Partikel

Posted by GabutiArt on Senin, 01 Oktober 2018


BAB I
PENDAHULUAN
I.1     Latar Belakang
Dalam bidang farmasi, zat-zat yang digunakan sebagai bahan obat kebanyakan berukuran kecil dan jarang yang berada dalam keadaan optimum. Ukuran partikel bahan obat padat mempunyai peranan penting dalam bidang farmasi sebab merupakan penentu bagi sifat-sifat, baik sifat fisika, kimia dan farmakologik dari bahan obat tersebut.

Mikromeritik merupakan ilmu yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi partikel kecil. Pengetahuan dan pengendalian ukuran, serta kisaran ukuran partikel sangat penting dalam bidang farmasi (1). Secara klinik, ukuran partikel suatu obat dapat mempengaruhi penglepasannya dari bentuk-bentuk sediaan yang diberikan secara oral, parenteral, rectal, dan tropical. Formulasi yang berhasil dari suspensi, emulsi dan tablet, dari segi kestabilan fisik, dan respon farmakologis, juga bergantung pada ukuran partikel yang dicapai dari produk itu. Dalam bidang pembuatan tablet dan kapsul, pengendalian ukuran partikel sangat penting sekali dalam mencapai sifat aliran yang diperlukan dan pencampuran yang benar dari granul dan serbuk.
Pada percobaan ini, akan ditentukan diameter partikel dari asam salisilat. Serta asam benzoat, dan gulu pasir dengan menggunakan metode ayakan, metode ini merupakan metode yang paling sederhana, tetapi relatif lama dari penentuan ukuran partikel.

1.2.            Rumusan Masalah
Bagaimana cara menentukan ukuran partikel dengan menggunakan metode pengayakan(sieving)?

1.3.      Tujuan Percobaan
Tujuan pada percobaan ini yaitu mengukur partikel-partikel zat dengan metode pengayakan.


1.4.            Manfaat Percobaan
Adapun manfaat dari percobaan ini yaitu dapat mengukur partikel suatu zat berdasarkan metode pengayakan.



BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
Sifat- sifat fisika dan kimia tertentu dari zat obat dipengaruhi oleh distribusi ukuran partikel, termasuk laju disolusi obat, bioavailabilitas, keseragaman isi, rasa, teksture, warna dan kestabilan. Tambahan pula, sifat-sifat seperti karakteristik aliran dan laju sedimentasi, juga merupakan faktor-faktor penting yang berhubungan dengan ukuran partikel. Penting sekali untuk memantapkan ukuran partikel dari zat murni yang dapat mempengaruhi formulasi dan efikasi produk. Ukuran partikel terbukti secara bermakna mempengaruhi profil absorpsi obat oral tertentu seperti griseofulvin, nitrofurantion, spironolakton dan prokain penisilin. Keseragam isi dalam bentuk sediaan padat sangat tergantung kepada ukuran partikel dan distribusi bahan aktif pada seluruh formulasi yang sama. Ada beberapa metode yang tersedia untuk mengevaluasi ukuran partikel yang meliputi pengayakan, mikroskopi, sedimentasi dan stream scanning (Ansel, 1989).
Sementara itu, pengayakan sendiri adalah sebuah cara pengelompokan butiran, yang akan dipisahkan menjadi satu atau beberapa kelompok. Dengan demikian dapat dipisahkan antara partikel lolos ayakan (butir halus) dan yang tertinggal diayakan (butir kasar). Ukuran butiran tertentu, yang masih bisa melintasi ayakan dinyatakan sebagai butiran batas. Pada pengayakan manual, bahan dipaksa melewati lubang ayakan. Umumnya dengan bantuan bilah kayu atau bilah bahan sintetis atau dengan sikat. Beberapa farmakope memuat spesifikasi ayakan dengan lebar lubang ayakan tertentu. Sekelompok partikel dikatakan memiliki tingkat kehalusan tertentu jika seluruh partikel dapat melintasi lebar lubang yang sesuai (artinya tanpa sisa ayakan). Dengan demikian ada batasan maksimal dari ukuran partikel (Voight, 1971).
Ilmu dan teknologi partikel kecil diberi nama mikromiretik oleh Dalla Valle. Dispersi koloid dicirikan oleh partikel yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mikroskop biasa, sedang partikel emulsi dan suspensi farmasi serta serbuk halus berada dalam jangkauan mikroskop optik. Partikel yang mempunyai ukuran serbuk lebih kasar, granul tablet, dan garam granular berada dalam kisaran ayakan. Setiap kumpulan partikel biasanya disebut polidispersi. Karenanya perlu untuk mengetahui tidak hanya ukuran dari suatu partikel tertentu, tapi juga berapa banyak partikel-partikel dengan ukuran yang sama ada dalam sampel. Jadi kita perlu sutau perkiraan kisaran ukuran tertentu yang ada dan banyaknya atau berat fraksi dari tiap-tiap ukuran partikel, dari sini kita bisa menghitung ukuran partikel rata-rata untuk sampel tersebut (Martin, 1990).



BAB III
METODOLOGI PERCOBAAN
3.1     Waktu dan Tempat
  Percobaan Fisika Farmasi yang berjudul “Ukuran Partikel” ini dilakukan pada tanggal 02 Mei 2014 pukul 14.20 sampai dengan 18.00 WIB. Percobaan ini dilakukan di laboratorium Fisika Farmasi yang bertempat di gedung Training Center Universitas Syiah Kuala (TC-Unsyiah).

3.2    Alat dan Bahan
Alat-alat yang digunakan adalah ayakan dan timbangan.
Bahan-bahan yang digunakan adalah talkum.   

3.3    Prosedur Percobaan
Disusun beberapa ayakan dengan nomor tertentu berurutan dari atas ke bawah dengan makin besar nomor ayakan yang bersangkutan. Ditimbang talcum sebanyak 50 gram. Dimasukkan zat ke dalam ayakan paling atas. Diayak selama 10 menit pada getaran tertentu. Ditimbang zat yang melewati ayakan. 



DAFTAR PUSTAKA
Ansel, Howard C. 1989. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi. Penerbit UI-Press.                  Jakarta.
Martin, A. 1990. Farmasi Fisika  jilid II. Universitas Indonesia Press. Jakarta.
Voight, G.R. 1971. Buku Pelajaran Teknologi Sedian Farmasi Edisi 5. Gadjah Mada        University. Yogyakarta. 

PEMBAHASAN DIDAPAT SAAT PRAKTIKUM!





Thanks for reading & sharing GabutiArt

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Populer