Home » , » Taraweh Awal Ramadhon

Taraweh Awal Ramadhon

Posted by GabutiArt on Senin, 10 Oktober 2016

 

Sumber : Mas Don



Sudah barang umum kejadian, awal - awal puasa musola ama mesjid full ya tarawehnya. Tapi semakin lama semakin maju. Iya, shofnya yang semakin maju.
Pada sebuah malam pertama romadhon, ane kelupaan. Berangkat ke mushola seperti biasanya, waktu adzan baru berangkat. Jalan kaki santai, ya nggak?
E.. Nggak taunya, musola udah penuh. Et dah. Pada semangat benar ya? Jadilah ane di serambi. Sholat isya, ama sholat traweh. Ama anak - anak kecil, gaduhnya luar biasa. Lupa kalau pas itu malem pertama traweh, seharusnya berangkat lebih awal ya. Ngerti o ngono.



Esoknya, malam kedua, ane sengaja berangkat lebih awal, alhamdulillah ya bisa di dalem. Bisa nempatin shof lebih manusiawi.

Tapi ada yang aneh ya pas sholat traweh. Beberapa orang baru pertama kali ane liat. Lhah, selama ini kemana aja ya? Kalau sholat sunnah pada berangkat, kalau fardhu, cuma sebaris.
"Ya barangkali baru pindahan ke situ Mas Don."
Ada lagi orang, sebelum bulan puasa, pas adzan isyak masih di warung, ini tumben - tumbenan jadi ke mejid buat traweh.
"Ya gak usah dikatain Mas Don, gak usah banyak sangka. Ingat tata krama hati."
Jiah. Iya Den Bagus.
"Bagaimana jika semangat ibadah di awal - awal romadhon tinggi lalu semakin lama semakin kendor?"
Malah bagus itu.
"Bagus dari mananya Mas Don?"
Ya bagus, beruntung orang yang semangatnya menggebu2 di awal meski nanti kendor, daripada orang yang biasa saja. Gak semua orang lho bisa semangat di awal - awal romadhon, jika semangat itu datang, maka manfaatin. Kapan lagi ya gak? Bisa semangat, meskipun hanya pas awal - awal saja. Selagi sedang semangat, banyakin ibadah. Mumpung belum kendor.
"Kalau kendor Mas Don?"
Ya banyakin ngaji Den Bagus.
Wassalamu'alaykum, dari Mas Don.
-ketika belum makan, memang dunia ini fana-

Thanks for reading & sharing GabutiArt

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Populer